Sunday, November 15, 2009

Pemilu Ditunda

Imagine the next time you join a discussion about tech. When you start sharing the fascinating tech facts below, your friends will be absolutely amazed.

Nur Hasan Murtiaji
Hiru Muhammad

Komisi Pemilu belum putuskan jadwal baru.

RAMALLAH -- Komisi Pemilu Pusat Palestina menunda pelaksanaan pemilu presiden dan pemilu parlemen yang rencananya digelar pada 24 Januari 2010. Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, belum mengambil sikap atas usulan penundaan itu.

''Telah menjadi jelas bagi kami bahwa mengadakan pemilu di Jalur Gaza tidak mungkin terjadi,'' kata Ketua Komisi Pemilu Pusat, Hanna Nasser, Kamis (12/11).

Komisi Pemilu menunda karena pemerintahan di Jalur Gaza di bawah Hamas menolak ikut pemilu. Hamas bahkan mengimbau warga di Jalur Gaza yang berjumlah 1,5 juta orang untuk tidak berpartisipasi.

''Kami bertemu hari ini (Kamis, Red) dan memutuskan untuk disampaikan ke Presiden, yang mengumumkan pemilu pada Januari, bahwa pemilu tidak dapat digelar sesuai jadwal tersebut,'' papar Hanna.

Komisi Pemilu sebenarnya telah berusaha membujuk Hamas. Namun, upayanya tidak membuat Hamas berubah pikiran.

Komisi Pemilu tak menyebut jadwal baru pelaksanaan pemilu. Komisi Pemilu juga menutup kantornya di Jalur Gaza, sampai batas waktu yang belum ditentukan. Penolakan Hamas untuk bekerja sama dengan panitia pemilu, membuat musykil pemilu terlaksana pada 24 Januari 2010.

You can see that there's practical value in learning more about tech. Can you think of ways to apply what's been covered so far?

Ketika Komisi Pemilu mengumumkan penundaan itu, Presiden Abbas sedang berada di Yordania. Abbas enggan memberikan komentar langsung.

''Presiden Abbas akan mengeluarkan keputusan setelah kembali,'' kata juru bicara Abbas, Nabil Abu Rdainah. Menurut Nabil, sikap Hamas yang tak mau bekerja sama dengan panitia pemilu di Jalur Gaza menunjukkan Hamas tidak menginginkan tercapainya persatuan nasional dan rekonsiliasi.

Dua pejabat older partai Fatah minta identitasnya dirahasiakan, mengatakan, partainya terbelah apakah melanjutkan proses rekonsiliasi lebih jauh dengan Hamas, atau menggelar pemilu hanya di Tepi Barat saja, daerah kekuasaan Fatah pimpinan Abbas.

''Presiden akan berkonsultasi dengan para pemimpin dan akan diputuskan dalam langkah berikutnya,'' lanjut Nabil. ''Mencegah Komisi dari menggelar pemilu di Jalur Gaza menunjukkan bahwa Hamas tak cemas atas persatuan bangsa dan rekonsiliasi nasional.''

Dalam beberapa kesempatan sebelumnya, Abbas menyatakan tak masalah menunda pemilu. Asalkan Hamas berubah pikiran dan setuju dengan pakta rekonsiliasi. Berdasarkan pakta rekonsiliasi, pemilu seharusnya digelar pada Juni 2010.

Juru bicara Hamas, Sami Abu Zuhri, mengaku tak terkejut atas keputusan tersebut, sekaligus mengenyampingkan sebagai manuver. ˜Ini alamiah, juga bukti kredibilitas Hamas, yang menolak ajakan pemilu sebelum konsensus nasional dicapai, kata Zuhri.

Menurutnya, Abbas memutuskan pemilu 24 Januari 2010 secara sepihak. ˜Tanpa rekonsiliasi, tak akan ada pemilu.

Pekan lalu Abbas menyatakan tak bersedia dicalonkan dalam pemilu 2010. Abbas frustrasi karena tak didukung AS agar Israel menghentikan pembangunan permukiman Yahudi di Tepi Barat dan Yerusalem Timur. AS tak menyokong prasyarat dibekukannya proyek permukiman Yahudi tersebut.

Ketika berpidato dalam peringatan kelima mengenang meninggalnya pemimpin Palestina, Yasser Arafat, Abbas menegaskan Israel harus kembali ke kerangka kerja. ˜Kami tak bisa negosiasi tanpa kembali ke Resolusi PBB tentang garis perbatasan 1967, Rabu (11/11). ap/reuters

(-)
As your knowledge about tech continues to grow, you will begin to see how tech fits into the overall scheme of things. Knowing how something relates to the rest of the world is important too.

No comments:

Post a Comment