Wednesday, November 11, 2009

Kamboja Tolak Ekstradisi Thaksin

If you're seriously interested in knowing about tech, you need to think beyond the basics. This informative article takes a closer look at things you need to know about tech.

PHNOM PENH -- Hubungan bilateral Kamboja dan Thailand memburuk, menyusul sikap tegas Pemerintah Kamboja untuk menolak mengekstradisi Thaksin Shinawatra, Rabu (11/11).

Tiga diplomat Thailand, kemarin, menyerahkan surat ekstradisi kepada pejabat Kementerian Luar Negeri Kamboja. Namun, Pemerintah Kamboja mengirim balik sebuah nota yang berisi penolakan atas permintaan ekstradisi itu.

''Nota diplomatik kita berisi jawaban menolak permintaan ekstradisi tersebut,'' ujar Menteri Luar Negeri Kamboja, Hor Namhong, seperti dikutip AFP.

Dalam nota itu, Pemerintah Kamboja kembali menyatakan komitmennya untuk menolak permintaan apa pun yang bertujuan mengekstradisi Thaksin. Kamboja beralasan ekstradisi atas Thaksin sangat kental dengan nuansa politisnya.

''Hukuman terhadap Thaksin Shinawatra merupakan konsekuensi dari kudeta militer yang membuat ia turun dari kursi perdana menteri. Padahal ia adalah orang yang dipilih oleh semua rakyat Thailand secara demokratis,'' tulis Pemerintah Kamboja dalam surat tersebut.

Thaksin dikudeta oeh militer Thailand dari kursi perdana menteri Thailand September 2006. Menginjak dua tahun setelah ia dikudeta, Juli 2008, Thaksin kembali ke Thailand untuk memimpin demonstrasi terhadap Pemerintah Thailand.

How can you put a limit on learning more? The next section may contain that one little bit of wisdom that changes everything.

Thaksin meninggalkan Thailand, di tahun yang sama, setelah ia divonis dua tahun penjara oleh pengadilan Thailand.

Di Bangkok, Menteri Luar Negeri Thailand membenarkan telah memperoleh salinan surat dari Kamboja. ''Saat ini, ahli hukum kami tengah memeriksa alasan penolakan itu secara detail,'' kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Thailand, Vimon Kidchob.

Thaksin tiba di Phnom Penh, ibu kota Kamboja, Selasa (10/11), dan mendapatkan sambutan hangat dari Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen. Hun Sen mengangkat Thaksin menjadi penasihat ekonomi pemerintah.

Thaksin dijadwalkan memberi pidato kepada 300 pengusaha Kamboja, Kamis (12/11). Para pejabat Kamboja mengatakan Thaksin akan berada di Kamboja antara dua sampai tiga hari. Namun Thaksin tak akan tinggal di Kamboja.

Dalam rank Twitter-nya, Thaksin mengatakan akan mendiskusikan masalah yang membelit Kamboja dengan Hun Sen. Thaksin juga mengatakan akan mendiskusikan masalah Kamboja-Thailand untuk meningkatkan hubungan saling kesepahaman antarkeduanya serta menemukan jalan keluar yang paling menguntungkan bagi kedua negara.

Konflik kedua negara dimulai saat Hun Sen meminta Thaksin menjadi penasihat ekonomi pemerintah sekaligus penasihat pribadinya. Thaksin menyetujui permintaan yang telah mendapatkan restu dari Raja Kamboja, Norodom Sihamoni, itu.

Setelah Thaksin diangkat menjadi penasihat, Pemerintah Thailand mengancam untuk memutuskan kerja sama eksplorasi minyak dan gas dengan Kamboja. Kedua negara juga saling menarik duta besar masing-masing. fernan, ed: nur hasan

(-)
This article's coverage of the information is as complete as it can be today. But you should always leave open the possibility that future research could uncover new facts.

No comments:

Post a Comment