Monday, December 7, 2009

Rakyat Romania Pilih Presiden

Would you like to find out what those-in-the-know have to say about tech? The information in the article below comes straight from well-informed experts with special knowledge about tech.

BUCHAREST--Ahad (6/12) kemarin rakyat Romania memberikan suara untuk memilih presiden baru mereka dalam pemilihan presiden (pilpres) putaran kedua. Hal itu dilakukan saat negara dilanda resesi ekonomi dan krisis politik, setelah menunda paket bantuan dari Dana Moneter Internasional(IMF).

Tempat-tempat pemungutan suara mulai dibuka pada pukul 07.00 sampai 21.00 waktu setempat. Dalam pemilihan itu, incumbent, Presiden Traian Basescu, manten kapten kapal perang, menghadapi tokoh Sosial Demokrat, Ketua Senat yang juga bekas diplomat, Mircea Geoana. Keduanya susul menyusul dalam pilpres putaran pertama yang diselenggarakan 22 November lalu. Saat itu Basescu meraih dukungan suara 32,44 persen,  sedangkan Geoana 31,15 persen.

Namun demikian, Geoana dipandang favorit untuk memenangkan pemungutan suara. Itu terjadi setelah dirinya menggabungkan diri dengan kekuatan kelompok liberal, partai politik terbesar ketiga di negara itu. Satu hasil jajak pendapat yang diumumkan lembaga Insomar pekan lalu memberinya kemungkinan dukungan 54 persen dari jumlah suara.

You may not consider everything you just read to be crucial information about tech. But don't be surprised if you find yourself recalling and using this very information in the next few days.

IMF, Uni Eropa dan Bank Dunia, pada Maret lalu sepakat memberikan dana talangan 20 miliar euro kepada Romania. Ketiganya juga diperkirakan akan menyerukan langkah-langkah pengurangan belanja umum.

Hal itu juga diangkat kandidat. Sebagaimana AFP, dalam kampanyenya Basescu mengemukakan perubahan-perubahan peningkatan dan mengurangi belanja umum. Sementara Geoana menjanjikan untuk kembali ke era stabil dan "persatuan" bagi rakyat Romania, " Setelah lima tahun dilanda ketegangan dan skandal-skandal." Dia juga mengatakan ingin menambah lapangan kerja yang ada .

Jika terpilih, Geoana menjanjikan negaranya akan memiliki pemerintah baru sebelum Natal, dipimpin tokoh independen Klaus Iohannis. Sebagai seorang yang berasal dari etnis Jerman, Iohannis menjadi wali kota populer di kota kelahiran Vlad Dracula, Sibiu, Transylvania.

Meskipun Partai Liberal Demokrat (PDL) yang dipimpin Basescu agak terisolasi setelah adanya perjanjian antara sayap kiri Sosial Demokrat dan kelompok Liberal, dia menegaskan bahwa PDL akan mampu mendapatkan sekutu untuk membentuk pemerintah masa depan. Pada Jumat (4/12) lalu, dia juga mengimbau tokoh-tokoh open-minded agar mendukungnya. "Romania memerlukan pemerintah koalisi sayap kanan," kata dia.

Lebih dari 18 juta dari 21,5 juta orang penduduk Romania yang mempunyai hak pilih, kemarin memberikan suaranya. Hasil perhitungan tempat-tempat pemungutan suara sedianya akan disiarkan semalam weaktu setempat. Hasil resmi pertama diperkirakan diumumkan hari ini.
hiru

(-)
Now you can understand why there's a growing interest in tech. When people start looking for more information about tech, you'll be in a position to meet their needs.

No comments:

Post a Comment